Karawang (ANTARA News) - Arus balik di jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tersendat menjelang "rest area" pada H+3 Lebaran atau Sabtu.

Pemantauan lapangan, arus lalu lintas yang tersendat itu di antaranya terjadi di titik menjelang rest area kilometer 52 dan Kilometer 43 jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kondisi itu terjadi menyusul banyaknya kendaraan yang keluar-masuk rest area di sepanjang jalan tol tersebut. Sedangkan areal parkir di sekitar rest area sudah dipenuhi kendaraan pemudik.

Tetapi selepas rest area, arus lalu lintas dari arah Cikampek yang didominasi kendaraan pribadi, menuju Jakarta dan sekitarnya kembali lancar.

Sementara itu, di sekitar rest area kilometer 43, kendaraan pemudik terlihat memadati sekitar rest area tersebut.

Bahkan para pengendara kesulitan untuk mencari tempat parkir, karena padatnya kendaraan di sekitar rest area.

Umumnya, para pemudik memasuki rest area untuk beristirahat sambil makan setelah melakukan perjalanan jauh. Selain itu, mereka juga masuk rest area untuk ke toilet dan shalat.

Selain akibat keluar-masuk kendaraan di sekitar rest area, pertemuan arus dari jalan Tol Cipali dengan Tol Cipularang di kilometer 66 juga memicu terjadinya kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dilaporkan, kendaraan pemudik yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya "mengular" di jalan Tol Cipularang menuju titik pertemuan arus tersebut. Kondisi yang sama juga terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Cipali.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016