Sydney (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menyatakan kemenangannya pada Pemilu, Minggu, dengan pemerintahan koalisinya mempertahankan kekuasaan. Partai oposisi, Partai Buruh, mengakui kekalahannya.

Penghitungan suara saat ini berjalan pada hari kedelapan, dengan koalisi Turnbull diperkirakan merebut dua dari lima kursi, yang masih diperebutkan, menyebabkan mereka mampu membentuk pemerintahan mayoritas, setelah mendapatkan 74 kursi dari 150 kursi majelis rendah, yang diperebutkan.

"Kami menang pemilihan umum," kata Turnbull dalam jumpa pers di Sydney. "Kami melewati pemilihan umum ini dengan mempertandingkan pendapat, masalah kebijakan, prinsip dan kami melakukannya dengan damai dan itu yang harus kami rayakan," kata dia.

Meskipun dia diperkirakan membentuk pemerintahan mayoritas, pertaruhan Turnbull dalam meminta pemilihan umum itu berbalik dengan buruk, dengan pembelokan ke arah Partai Buruh dan peningkatan hasil pada partai kecil dan independen.

Kemenangan Turnbull dengan selisih sedikit di atas Partai Buruh menyebabkannya diperkirakan terpaksa bergantung kepada pihak independen, yang mendapatkan lima kursi, untuk memastikan legislasi diteruskan. Itu memicu pertanyaan terkait seberapa efektif pemerintahannya dalam jangka panjang.

Partai Buruh, yang mendapatkan 69 kursi, menyatakan kekalahannya.

"Sudah jelas bahwa Tuan Turnbull beserta koalisinya akan membentuk sebuah pemerintahan," kata pemimpinnya, Bill Shorten, dalam jumpa pers.

Partai Buruh berjanji tidak terlalu mengganggu parlemen baru, meskipun pihaknya dengan beberapa kalangan independen menentang banyak agenda kerja dan pertumbuhan koalisi itu, dari bagaimana untuk mengembalikan kelebihan anggaran untuk sebuah proposal pajak perusahaan senilai 38 miliar dolar Amerika.

"Kami perlu memastikan seluruh pelayanan utama pemerintah diberikan, dan pada saat yang sama, kami harus memastikan bahwa kami membawa anggaran kembali ke titik seimbang," kata Turnbull.

Jalan legislatif yang dulit setelah pemilu itu dapat memaksa perubahan terhadap sejumlah ketentuan yang diajukan.

"Tidak boleh ada seorangpun dari kami yang tidak peka terhadap pandangan publik terhadap sejumlah isu, termasuk terkait pensiun," kata Menteri Imigrasi Australia, Peter Dutton, kepada Daily Telegraph, mengacu kepada keringanan pajak bagi dana pensiun.

Penilai Standar dan Kemiskinan Australia (S&P) memandang jumlah negatif dari tingkat stabil pada minggu lalu, mengancam adanya penurunan status tiga A yang diinginkan, atas jalan buntu anggaran.

"Kami benar-benar ingin untuk melihat mereka mulai meraih beberapa ramalan mereka," kata pejabat S&P, Anthony Walker, dalam pengarahan, dengan menambahkan bahwa biaya untuk membiayai kembali utang Astralia meningkat tiga kali lipat daripada pendapatan mata uang asing mereka.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016