Roma (ANTARA News) - Vatikan menunjuk mantan pewarta Fox News Greg Burke menjadi juru bicara barunya, Senin, sebagai kali pertama warga Amerika Serikat dipercaya menjadi pemimpin kelompok terkemuka komunikasi paus.

Burke, anggota kelompok konsevatif Katolik Opus Dei, dipekerjakan oleh Vatikan empat tahun lalu ketika Gereja Katolik Roma terpuruk dalam kebocoran skandal dan tersudut citranya di masyarakat, lapor Reuters.

Pada Senin, Vatikan mengumumkan bahwa Burke menjadi juru bicara resmi Paus sesudah Pastor Federico Lombardi mundur setelah bekerja 10 tahun.

Pewarta radio Spanyol Paoloma Garcia Ovejero akan menjadi wakil juru bicara, dengan pertama kali wanita menduduki jabatan tinggi di departemen komunikasi Vatikan.

Burke, 56, berasal dari St Louis, Missouri, bekerja sebagai koresponden Fox di Roma untuk Eropa dan Timur Tengah sebelum bergabung dengan Vatikan. Sebelum itu, ia bekerja untuk majalah "Time" di ibukota Italia tersebut selama satu dasawarsa.

Dia bekerja sebagai "stringer" untuk Reuters di Roma pada awal karirnya dan juga pernah menulis buku, satu buku tentang regu sepak bola Italia.
(Uu.A072/B002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016