...namanya produk baru jadi mereka belum mau terbuka dulu. Kita tunggu saja."
Jakarta (ANTARA News) - Perizinan produksi mobil Esemka telah rampung dilakukan di Kementerian Perindustrian, karena sudah memenuhi syarat-syarat yang diminta.

"Dari kami semua yang diperlukan sudah kami penuhi," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Rabu.

Putu menyampaikan, selanjutnya, perusahaan perlu membawa prototipe kendaraannya untuk diuji kelaikan jalan di Kementerian Perhubungan.

Diketahui, mobil tersebut merupakan produksi PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

Putu mengonfirmasi bahwa investasi tersebut merupakan Penanaman Modal Dalam Negeri yang akan memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utulity Vehicle (SUV).

"Cuma persisnya kurang tahu, mungkin ada pertimbangan, namanya produk baru jadi mereka belum mau terbuka dulu. Kita tunggu saja," ungkapnya.

Putu menambahkan, pihaknya belum bisa menyampaikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produksi mobil tersebut, karena belum melalui uji kelaikan.

"Kami belum sampai ke sertifikasi atau audit kandungan lokal, karena yang penting dia layak jalan dulu, nanti baru dilihat kandungan lokalnya," ungkapnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016