Jakarta (ANTARA News) - Sunderland menyatakan telah memberikan lampu hijau kepada federasi sepak bola Inggris, FA, untuk berbicara dengan pelatih klub itu Sam Allardyce berkaitan dengan penjaringan calon pelatih baru tim nasional Inggris.

Lewat laman resmi mereka pada Rabu, Sunderland mengumumkan bahwa pihaknya memberikan izin kepada FA terkait hal tersebut sesuai dengan permintaan Allardyce.

"FA menghubungi Sunderland untuk meminta izin berbicara dengan pelatih kami sebagai bagian dari apa yang seharusnya menjadi proses diskusi tertutup untuk kandidat potensial pelatih timnas Inggris," demikian bunyi pernyataan resmi klub.

Meski memberikan izin kepada FA untuk berbicara dengan Allardyce, Sunderland tidak malu-malu menyatakan bahwa mereka berharap sang pelatih tetap bertahan di klub dan menyatakan kepada FA bahwa proses tersebut cukup mengganggu persiapan menyambut musim baru Liga Utama Inggris 2016/2017.

"Sam bagian penting rencana kami. Setelah melewati musim yang menantang kami ingin menjalani periode yang stabil baik di dalam maupun di luar lapangan, dan kami ingin dia tetap menjadi pelatih kami," tulis pernyataan tersebut.

"Spekulasi yang beredar mengenai posisi Sam sangat mengganggu Sunderland, terlebih di masa penting jelang musim baru dan kami mendesak FA untuk menghormati dampak apa yang diakibatkan proses ini dan segera memberikan kejelasan terkait hal tersebut," ujar pihak klub menambahkan.

Allardyce menjadi salah satu nama yang digadang-gadang sebagai pelatih baru timnas Inggris menyusul mundurnya Roy Hodgson dari kursi pelatih selepas The Three Lions disingkirkan tim kurcaci Eslandia dari babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Prancis.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016