Saya kira masalah ke depan kalau tingkat ekonomi kita membaik maka kriminalitas akan rendah namun kalau ekonomi memburuk maka kriminalitas makin tinggi,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon meminta calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian menyelesaikan masalah kriminalitas karena diprediksi tingkat perekonomian Indonesia tidak lebih baik dari sebelumnya.

"Saya kira masalah ke depan kalau tingkat ekonomi kita membaik maka kriminalitas akan rendah namun kalau ekonomi memburuk maka kriminalitas makin tinggi," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu.

Dia memprediksi ekonomi Indonesia ke depan tidak akan lebih baik dari sebelumnya, artinya kita akan menghadapi tantangan ekonomi yang berat dan itu ada hubungannya dengan tingkat keamanan.

Hal itu menurut dia, bisa menyebabkan tinggi kriminalitas tinggi sehingga tingkat keamanan semakin terganggu.

"Ini menjadi tantangan bagi Kapolri baru," ujarnya.

Namun Fadli meyakini Tito mampu mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan di internal Polri sehingga bisa memberikan kendali secara vertikal.

Selain itu menurut dia, dalam waktu sesingkatnya pengganti Tito di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bisa ditentukan sehingga Tito tidak rangkap jabatan.

"Saya kira pasti dalam waktu sesingkatnya setelah (Tito) dilantik sebagai Kapolri akan ada pemegang jabatan baru untuk Kepala BNPT," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016