Madrid (ANTARA News) - Kebakaran lahan di Spanyol membuat sekitar 400 wisatawan yang menginap di Costa del Sol harus dievakuasi pada Rabu (13/7) waktu setempat.

Lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran dan sukarelawan, dengan bantuan pesawat water-bombing, dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang pertama kali muncul pada Selasa (12/7) sore di tengah cuaca panas dekat daerah La Linea, Provinsi Cadiz, Andalusia.

Hotel Aldiana di La Linea terpaksa harus mengevakuasi sebanyak 380 wisatawan, yang sebagian besar berasal dari Jerman, serta para staf karena api kian merembet mendekati hotel, menurut keterangan juru bicara pihak hotel.

"Kebakaran berhasil dikendalikan, namun bau asap masih sangat menyengat. Hotel tidak mengalami kerusakan sedikit pun," ujarnya, seperti diberitakan AFP.

Para tamu hotel terpaksa menginap di gelanggang olahraga setempat pada Selasa malam dan dijadwalkan kembali ke hotel pada Rabu malam.

Sebanyak 120 orang lainnya dievakuasi dari sebuah asrama di Kota San Roque, menurut pernyataan pejabat setempat.

Layanan darurat setempat mengatakan api sudah dapat dikendalikan tetapi puluhan petugas pemadam kebakaran masih berada di lokasi kejadian untuk benar-benar memadamkan api.

Setiap tahun jutaan wisatawan mengunjungi Costa del Sol, atau Sun Coast, terkenal karena pantai dan kehidupan malam. Ratusan ribu ekspatriat dari Eropa utara tinggal di sabuk pantai.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016