Jakarta, 15/7 (Antara) - Delegasi Indonesia yang mengikuti SEA Games Council Meeting, di Kuala Lumpur, Malaysia, 12-14 Juli, gagal memperjuangkan cabang olahraga unggulan untuk dipertandingkan pada kejuaraan multieven dua tahunan terbesar di Asia Tenggara itu.

"Kami mengusulkan 13 cabang olahraga per 31 Maret lalu, namun hanya tiga cabang olahraga yang diterima. Jelas kami kecewa dengan keputusan ini," kata Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia, Dody Iswandi, dalam keterangannya kepada media, di Jakarta, Jumat.

Indonesia mengirimkan dua delegasi yaitu Hary Warganegara dan Indra Kartasasmita dan membawa misi meloloskan 13 cabang olahraga usulan yang merupakan unggulan Indonesia untuk mendulang medali.

Ke-13 cabang olahraga itu adalah sepeda (MTB dan BMX), judo, dayung, gulat, baseball (kategori II), bridge, muay thai, kempo, perahu naga (kategori III), jetski, paralayang, sport climbing, dan tarung derajat (non kategori). Dari cabang usulan hanya BMX, judo dan muay thai yang diterima.

Dengan hasil yang tidak sesuai harapan, delegasi Indonesia menyerukan agar SEA Games Federation direformasi total sehingga kejuaraan multi event dua tahunan ini mengacu pada cabang olahraga yang dipertandingkan pada olimpiade.

"Kami imbau agar negara peserta SEA Games melihat persoalan dengan jernih. Cabang olahraga SEA Games itu harus mengacu ke cabor Olimpiade," kata Iswandi.

Dia menyayangkan tuan rumah Malaysia yang menolak mempertandingkan cabang olahraga bridge dengan alasan identik dengan judi. "Bridge itu olahraga adu otak. Kenapa harus seperti itu pemikiran tuan rumah?," tanya dia.

Malaysia juga menolak kempo , padahal cabang olahraga bela diri ini sudah mendapat dukungan dari tujuh negara yang merupakan salah satu syarat untuk dipertandingan pada kejuaraan tersebut.

Kekecewaan Indonesia semakin lengkap ketika angkat besi yang merupakan cabang olahraga unggulan Indonesia itu hanya mepertandingkan putra. Kondisi ini jelas akan mempengaruhi perolehan medali.

"Sempat ada keinginan untuk walk out karena kami sudah teramat kecewa dengan keputusan ini. Tetapi, kami memikirkan ada kepentingan yang lebih besar yakni Indonesia bakal jadi tuan rumah Asian Games 2018," katanya.

Berikut 38 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2017 Malaysia.
1. Aguatic (Swimming, Synchronize, Diving, Water polo, Open Water), 2. Atletik, 3. Panahan, 4. Bulutangkis, 5. Biliard and Snookers, 6 Bola Basket, 7. Tinju, 8. Cricket, 9. Sepeda (Road,Track, BMX), 10. Berkuda, 11. Anggar, 12. Sepakbola, 13. Golf, 14. Senam (Artistic, Ryhtmic), 15. Karate ( Kata, Kumite), 16. Lawn Ball, 17 Muaythai, 18. Netball, 19. Judo, 20. Hoki, 2. Ice Hockey, 22. Ice Skating (Figure Skating, Short Track Speed Skating), 23. Petanque, 24. Rugby, 25. Sailing, 26. Squah, 27. Tenis Meja, 28. Taekwondo ( Kyorugi, Poomsae), 29. Tenis, 30. Ten Pin Bowling, 31. Triathlon, 32. Water Ski, 33. Volleyball, 34. Wushu, 35. Shooting, 36. Sepaktakraw, 37. Pencak Silat, 38. Angkat Besi. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016