Madrid (ANTARA News) - Rafael Nadal telah mendapatkan lampu hijau oleh Federasi Tenis Internasional (ITF) untuk tampil di Olimpiade Rio bulan depan, meski tidak memenuhi kriteria kualifikasi.

Partisipasi peraih medali emas Beijing 2008 itu diragukan sebab cedera telah menghalangi dirinya untuk tampil dan memenuhi jumlah minimal pertandingan Piala Davis yang diperlukan dalam siklus empat tahunan Olimpiade untuk dapat mengikuti ajang akbar ini.

Petenis Spanyol itu, yang telah absen bermain sejak mengundurkan diri dari Prancis Terbuka menyusul pertandingan putaran keduanya karena cedera pergelangan tangan, memenangi bandingnya untuk berpartisipasi pada Olimpiade yang berlangsung pada 5 sampai 21 Agustus dan namanya masuk dalam daftar final partisipan yang dikeluarkan oleh ITF pada Jumat.

Petenis 30 tahun itu, yang absen pada Olimpiade 2012 karena cedera, ditunjuk oleh negaranya sebagai pembawa bendera pada upacara pembukaan dan akan menjadi salah satu dari empat petenis Spanyol yang memperebutkan medali emas kategori tunggal.

Ia juga akan berpasangan dengan Marc Lopez pada kategori ganda putra.

Nadal tidak bepergian dengan tim Spanyol ke Romania untuk pertandingan playoff zona Eropa/Afrika ketika ia meneruskan pemulihannya dari cedera pergelangan tangan, demikian Reuters melaporkan.

(/H-RF/A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016