Solo (ANTARA News) - Pasangan Indonesia Christopher Rungkat/Sunu Wahyu Trijati mengalahkan ganda Sri Lanka pada babak penentuan degradasi turnamen tenis beregu putra Grup II Zona Piala Davis Asia/Oseania 2016 di Lapangan Tenis Manahan Solo, Sabtu.

Pasangan ganda Piala Davis Indonesia Christopher Rungkat/Sunu Wahyu Trijati yang turun pertandingan ketiga atau penentu partai ganda berhasil mengalahkan pasangan Sri Lanka, Harshana Godamannan/Yasitha De Silva dengan tiga set yakni 6-2, 6-3 dan 6-0, sehingga memastikan tim tuan rumah unggul sementara dengan 3-0.

Indonesia pada pertandingan ketiga yang sebelumnya akan menurunkan pasangan Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati, ternyata satu jam tanding diubah menjadi Christopher/Sunu yang tampil cukup cemerlang partai penentu tersebut.

Bahkan, pasangan Christoper/Sunu sejak set awal hingga terakhir tampil konsisten dnegan menekan ganda Sri Lanka yang menurunkan Harshana Godamannan/Yasitha De Silva yang hari sebelumnya turun di partai tunggal.

Christopher/Sunu pada set pertama awalnya poiin diambil ganda Sri Lanka, 0-1. Namun, Indonesia mampu menyamakan dan melaju berhasil menyelesai set ini, dengan 6-2.

Indonesia pada kedua ada masalah dengan punggung Christopher terutama saat kedudukan 5-1. Namun, pasangan Christopher/Sunu akhirnya mampu menyelesaikan dengan 6-3.

Ganda Indonesia pada set penentu atau ketiga tidak memberikan ampun lagi bagi ganda Sri Lanka. Keduanya melakukan tekanan-tekanan dengan maju ke depan net memotong serangan lawan. Hal ini, membuat pasangan Sri Lanka sering mati langkah.

Christopher/Sunu pada set ketiga yang termotivasi segera menyelesaikan game, dan akhirnya berhasil mengambil poin servis pasangan Sri Lanka denga skor 6-0, sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-0 untuk Indonesia.

"Saya sangat terima kasih dengan para penonton di Kota Solo yang memberikan sport tim Davis Indonesia sehingga berhasil menang 3-0 atas Sri Langka," kata Christopher usai bertandingan yang berpasangan dengan Sunu mengalahkan ganda Sri Lanka.

Menurut Christopher, dirinya berpasangan dengan Sunu bermain solid sehingga mampu menyelesaikan partai ganda melawan Sri Lanka dengan waktu sekitar satu jam 35 menit.

"Saya memang sudah terbiasa berpasangan dengan Sunu. Pelatih Andrian Raturandang, juga memastikan saya selain tunggal untuk turun di partai ganda dengan Sunu dan berhasil," kata Christopher.

Petenis Sri Lanka, Harshana Godamannan, mengatakan, pihaknya sudah memprediksi sebelumnya pasangan Indonesia sangat kuat. Christopher sering turun di partai ganda even internasional, sehingga tidak heran mereka cukup kuat dan sulit dikalahkan.

"Partai ganda Indonesia sering tampil internasional, dan saya bersama Yasitha De Silva sudah berusaha tampil baik. Namun, ganda tuan rumah memang lebih baik," kata Harshana Godamannan.

Petenis Sri Lanka lainya, Yasitha De Silva mengatakan tim Piala Davis Sri Lanka melawan Indonesia merupakan partai sulit untuk bisa lolos di grup II Zona Piala Davis Asia/Oseania.

Namun, kata Yasitha De Silva timnya akan mempersiapkan diri dengan berjuang lagi untuk bisa kembali ke grup II bersama Indonesia.

Sementara tim Pila Davis Indonesia melawan Sri Lanka kini kedudukan sementara 3-0, setelah pada hari sebelumnya tuang pertama Indonesia David Agung Susanto berhasil mengalahkan Yasitha De Silva (6-4, 6-4, dan 6-4), tunggal kedua Christopher Rungkat menang lawan Harshana Godamannan (6-2. 6-0, dan 6-2), dan kini ganda Indonesia Christopher/Sunu VS Godamanna/Yasitha (6-2, 6-3 dan 6-0).

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016