... kami berharap menerima kesimpulan awal atas penelitian forensik, termasuk atas jenis senjata ..."
Kualalumpur (ANTARA News) - Menteri Pengangkutan Malaysia Liow Tiong Lai pada Sabtu menyatakan kesimpulan awal penyelidikan forensik atas kejatuhan pesawat Malaysia Airlines MH17 dua tahun lalu dapat diterima pada akhir 2016.

Boeing 777 itu ditembak jatuh di atas Ukraina timur oleh peluru kendali Buk buatan Rusia, kata Badan Keselamatan Belanda menyimpulkan pada tahun lalu dalam laporan akhir tentang kecelakaan pada Juli 2014 tersebut, yang menewaskan ke-298 orang di dalamnya, dan sebagian besar warga Belanda, dan ada warga negara Indonesia (WNI), demikian laporan Reuters.

"Dengan penyelidikan kejahatan regu penyidik gabungan masih berlangsung, kami berharap menerima kesimpulan awal atas penelitian forensik, termasuk atas jenis senjata -yang digunakan- dan rincian penting lain, pada akhir tahun ini," kata Menteri Pengangkutan Liow Tiong Lai dalam pernyataan pada ulang tahun kedua musibah itu.

Ia menyatakan regu penyelidik, yang terdiri atas wakil dari Malaysia, Belanda, Australia, Belgia dan Ukraina, tetap bertekad dan teguh mengejar keadilan bagi pihak yang harus bertanggung jawab.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016