Berlin (ANTARA News) - Pemuncak klasemen MotoGP yang membela Honda Marc Marquez merebut posisi start terdepan di Grand Prix Jerman untuk tahun ketujuh secara beruntun lintas kelas pada Sabtu, sedangkan sesama pebalap Spanyol sekaligus juara bertahan Jorge Lorenzo terjatuh dua kali.

Marquez didampingi di baris terdepan Sachsenring oleh kompatriotnya Hector Barbera dari tim independen Ducati Avintia, dan legenda Italia yang membela Yamaha Valentino Rossi di urutan start ketiga.

Lorenzo, rekan setim Rossi, lolos kualifikasi di urutan ke-11, posisi terendahnya sejak 2013 ketika ia start dari urutan ke-12 di Grand Prix Belanda setelah mengalami patah tulang selangka.

"Tiga kesalahan pada bagian saya bukan hal normal untuk saya, namun pada akhir pekan ini hal itu terjadi," kata Lorenzo, yang juga jatuh pada latihan Jumat.

Marquez, yang unggul 24 angka atas Lorenzo setelah delapan dari 18 putaran, memenangi tiga balapan MotoGP terakhir di Jerman dan tiga balapan sebelumnyadi Moto2 dan kategori 125cc (Moto3). Ini merupakan pole position ke-62 sepanjang kariernya, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016