Kedekatan orang tua dan anak harus dibangun, saya pun juga menyempatkan mengantarkan anak ke sekolah sebulan sekali, kadang menjemputnya
Bogor (ANTARA News) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memandang positif gerakan mengantar anak ke sekolah pada hari pertama sebagai salah satu upaya membangun kedekatan antara anak dan orang tua dan juga sekolah.

"Mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama membangun kedekatan antara orang tua dan anak dan membangun komunikasi antara orang tua dengan sekolah," kata Bima di sela mendampingi kunjungan kerja Mendikbud di SD Negeri Polisi 1, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Menurut politisi PAN tersebut, membangun kedekatan antara orang tua, anak dan sekolah dimulai dari hari pertama masuk sekolah, karena secara psikologis anak memerlukan pendampingan.

"Hari pertama masuk sekolah itu perlu pendekatan khusus untuk melepas anak masuk sekolah," katanya.

Saat meninjau suasana hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Polisi 1, lanjut Bima, ia melihat ada beberapa anak kelas satu yang sedikit panik dengan suasana baru di sekolah.

"Melihat wajah mereka agak sedikit panik dan takut, ini perlunya orang tua mengantarkan anaknya, agar anak dilepas secara khusus," katanya.

Menurutnya tidak menjadi persoalan jika para PNS Kota Bogor meluangkan waktunya untuk mengantarkan anaknya masuk sekolah di hari pertama.

"Ini hanya setahun sekali, kita berikan dispensasi pegawai yang mau mengantarkan anaknya ke sekolah, setelah mengantarkan silahkan kembali bekerja," katanya.

Tapi, lanjut Bima, jika ada PNS yang memanfaatkan kelonggaran hari ini dengan bolos kerja, ia akan memberikan sanksi berupa teguran.

Bima menambahkan, sudah selayaknya orang tua siswa mengantarkan anaknya ke sekolah.

Bima merasa beruntung anaknya masuk sekolah hari Kamis, sehingga pada hari pertama masuk sekolah secara nasional ia bisa memantau pelaksanaannya.

"Kedekatan orang tua dan anak harus dibangun, saya pun juga menyempatkan mengantarkan anak ke sekolah sebulan sekali, kadang menjemputnya," katanya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja di hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor.

Menteri menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung imbauan untuk mengantar anak pada hari pertama sekolah.

"Kehadiran negara di Hari Pertama Sekolah memberikan pesan kuat bahwa sekolah adalah tempat aman bagi siswa, bahwa semua anak bisa bersekolah," kata Anies.

Anies mengharapkan gerakan hari pertama sekolah terus didukung masyarakat sehingga siswa bisa selalu merasakan kegembiraan ketika memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016