Jakarta (ANTARA News) - Orang tua siswa sekolah antusias mengantarkan anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru khususnya siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

"Saya mengambil cuti satu hari ini untuk mengantarkan anak di hari pertama sekolahnya," kata Dian (40) saat ditemui di salah satu sekolah kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Senin.

Dian pagi itu mengantarkan Zaki (6) siswa kelas 1 di sekolah dasar swasta yang terletak di kawasan Jombang, Pondok Aren Tangerang Selatan.

Sama dengan Dian, Rizka (36) juga mengantarkan Dita (7) di hati pertama sekolah anaknya.

"Saya ijin setengah hari sehingga bisa mengantarkan anak saya," paparnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengimbau agar orang tua mengantarkan anaknya pada hati pertama masuk sekolah di awal tahun ajaran baru.

Imbauan itu sebagai salah satu upaya mendorong kedekatan dan perhatia orang yua terhadap pendidikan anak sekaligus memberikan dukungan moril serta kepercayaan diri anak saat memulai belajar di sekolah.

Iwan (45) salah seorang guru sebuah sekolah dasar swasta di Tangerang, mengatakan dorongan untuk mengantar anak pada hari pertama sekolah merupakan hal yang positif.

Ia mengatakan dengan langkah itu maka anak akan merasa nyaman dan mendapat dukungan pada hari pertama sekolahnya.

Namun Iwan mengingatkan perhatian dan peran orang tua tak hanya secara simbolis mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah anak namun juga sepanjang waktu memberikan perhatian dan mendampingi anak selama proses tumbuh kembang hingga dewasa.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016