Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake menyarankan Indonesia untuk meningkatkan potensi-potensi di bidang pendidikan.

"Pendidikan adalah investasi masa depan bagi bangsa, hal tersebut bisa berdampak besar bagi perkembangan negara, dan Indonesia memiliki potensi itu, secara anggaran mungkin bisa ditingkatkan," kata Blake ketika hadir dalam acara perpisahan masa jabatannya di Ruang Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Senin.

Dari beberapa pandangan yang ia berikan untuk Indonesia menjelang akhir masa tugasnya, Blake lebih banyak menyoroti soal pendidikan karena menurutnya Indonesia perlu menyiapkan pendidikan bertaraf internasional.

Baca Juga : Pesan Dubes AS di akhir masa tugasnya

Selain itu ia juga memberi masukan agar Indonesia lebih kuat dalam menjalin konektivitas antar-negara, terutama di wilayah Asia Pasifik.

"Posisi Indonesia di kawasan Asia Pasifik sangatlah strategis dan itu adalah keuntungan lebih, apabila bisa menjalin lebih kuat dan maksimal maka secara ekonomi Indonesia akan memperoleh keuntungan lebih," katanya.

Sementara itu, Blake juga berharap Indonesia ke depan lebih memperhatikan hak minoritas untuk mendukung demokrasi yang lebih baik.

Baca Juga : Dino Djalal: Hillary Clinton lebih paham indonesia

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi keaktifan Indonesia mendukung perdamaian dunia, mengatasi ekstremis, mempromosikan perdagangan bebas dan menjalankan hukum internasional.

Dubes Blake akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Duta Besar di Indonesia dan untuk sementara akan digantikan Wakil Dubes Brian McFeeters.

Ia mengaku belum mengetahui apa yang akan dilakukan setelah kembali ke Negeri Paman Sam.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016