Ada catatan penting, ada yang meledek, caci maki itu vitamin, saya syukuri semuanya."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) menghadiri perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-65 Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasiDem dan pendiri keompok binis Media Indonesia & Metro TV, di Jakarta, Senin.

Wapres JK tiba di lobi Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, sekira pukul 12.30 WIB.

Sejumlah pejabat negara dan tokoh partai politik nasional juga tampak hadir, antara lain Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Sesjen Golkar Idrus Marham, Kepala BIN Sutiyoso dan Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono.

Selain itu, Ketua DKPP KPU Jimly Asshiddiqie, Kabid Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, politisi senior Golkar Akbar Tandjung dan artis senior Christine Hakim bersama Titiek Puspa juga hadir dalam acara yang disambut langsung Surya Paloh.

"Sebuah perjalanan yang amat sangat saya syukuri. Segala kebesaran Sang Pencipta memberikan saya kesehatan, rasa optimis, kebahagiaan dalam kehidupan," kata Surya.

Surya Paloh memberikan buku biografinya yang berjudul "Bunga Rampai 65 Tahun Surya Dharma Paloh" kepada sejumlah tokoh. Surya Paloh mengaku sangat bersyukur bisa melalui sebuah perjalanan panjang selama 65 tahun.

Selama perjalanan hidupnya, ia mengakui ada masa sulit, sedih dan gembira yang dilalui.

"Ada catatan penting, ada yang meledek, caci maki itu vitamin, saya syukuri semuanya," katanya.

Pria kelahiran Kutaraja, Banda Aceh, pada 16 Juli 1951 itu mengaku sangat bahagia dengan beberapa sahabat yang dikenal dan masih bersamanya.

"Sahabat yang saya kenal yang masih bisa bersama saya, saya bahagia. Ada yang 50 tahun lebih. Akbar Tandjung 40 tahun. Rizal Ramli sudah 25 tahun. Luhut sudah kenal sejak lama dengan saya, tapi baru akrab beberapa tahun lalu. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya," kata Surya.

Selain dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh partai politik, karangan bunga berisi ucapan selamat ulang tahun juga menghiasi sekitar gedung tempat acara berlangsung. Diantaranya dari Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto.

Usamah Hisyam, editor eksekutif yang juga penulis buku "Bunga Rampai 65 Tahun Surya Paloh" membuka acara. Usamah memaparkan sedikit isi buku yang ditulis.

Menurut Usamah, ini buku ketiga soal Surya Paloh yang ditulis. Buku ketiga ini berisi testimoni 100 tokoh soal karakter dan sifat Surya Paloh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam testimoninya menulis: "Surya lebih banyak memberikan pandangan, baik yang berkaitan dengan pemerintahan maupun saat Joko Widodo bertarung pada Pilpres 2014".

Pada Sabtu lalu (16/7) Presiden Jokowi juga sempat hadir dalam perayaan HUT ke-65 Surya Paloh yang dilangsungkan di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam acara itu sekaligus membuka sejumlah lomba permainan rakyat yang diikuti masyarakat sekitarnya. (Baca juga: Presiden halal bi halal di Kepulauan Seribu)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016