Kami sungguh-sungguh mendukung pemimpin Turki, yang terpilih melalui pemilihan umum,"
Brussels (ANTARA News) - Amerika Serikat mendukung upaya Turki menyeret yang terlibat dalam usaha kudeta pada akhir pekan lalu ke persidangan tetapi mendesak pemerintah setempat mematuhi aturan hukum, kata Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Senin.

"Kami sungguh-sungguh mendukung pemimpin Turki, yang terpilih melalui pemilihan umum," katanya dalam jumpa pers seusai pertemuan dengan timpalannya di Uni Eropa, yang berlangsung di Brussels.

"Namun, kami juga dengan tegas mendesak pemerintah Turki tetap tenang dan menjaga stabilitas di seluruh penjuru negeri," katanya.

"Selain itu, kami juga meminta pemerintah Turki tetap mempertahankan mutu tertinggi dalam menghormati lembaga demokrasi dan mematuhi aturan hukum," katanya.

"Kami pasti akan mendukung untuk membawa para pelaku usaha kudeta ke jalur hukum, tetapi kami juga memperingatkan usaha peradilan, yang melanggar batas," katanya.

Menlu AS John Kerry juga dengan gamblang menegaskan bahwa Turki harus menyediakan bukti-bukti nyata dan asli, hasil penelitian yang dapat dipertahankan untuk meminta ekstradisi bagi ulama Fethullah Gullen yang berada di AS.

"AS memiliki proses resmi mengenai kesepakatan ekstradisi, yaitu Turki harus mengirimkan bukti-bukti atas tuduhannya," kata Kerry dalam jumpa pers tersebut.

(M007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016