Saya percaya bahwa orang-orang yang berpengalaman dan pekerja keras ini akan membantu kita mengatasi tantangan-tantang penting yang dihadapi AS, dan saya berterima kasih atas pengabdian mereka,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menominasikan Joseph R Donovan sebagai duta besar AS untuk Indonesia menggantikan Robert Blake yang telah habis masa tugasnya di Jakarta pada Juli 2016.

Pengumuman tersebut disampaikan Presiden Obama bersama daftar nominasi yang akan mengisi posisi administratif lainnya pada 13 Juli 2016 dan dimuat pada laman resmi Gedung Putih yang diakses dari Jakarta, Selasa.

"Saya percaya bahwa orang-orang yang berpengalaman dan pekerja keras ini akan membantu kita mengatasi tantangan-tantang penting yang dihadapi AS, dan saya berterima kasih atas pengabdian mereka," kata Obama yang dikutip dari laman tersebut.

"Saya menantikan dapat bekerja bersama mereka," lanjut dia.

Informasi nominasi Donovan sabagai duta besar AS yang baru untuk Indonesia juga telah dikonfirmasi Kedutaan Besar AS di Jakarta, namun pihak kedutaan mengatakan proses penunjukannya masih lama karena pemerintah harus menunggu persetujuan Konggres AS.

Saat ini, Kedubes AS di Jakarta dipimpin oleh Charge dAffairs (kuasa usaha) Brian McFeeters hingga pengganti Dubes Blake menyelesaikan masa tugasnya dari akhir 2013 hingga Juli 2016.

Joseph R Donovan adalah pejabat karier di Kementerian Luar Negeri AS yang telah mencapai jabatan diplomatik minister-counselor, dan saat ini menjabat sebagai direktur pelaksana kantor Washington Pusat Studi Amerika tentang Taiwan.

Sebelumnya, Donovan bertugas sebagai penasihat kebijakan luar negeri di Pentagon (2012-2014), profesor di Universitas Pertahanan Nasional Washington (2011-2012), dan deputi asisten menteri di Biro Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri AS (2009-2011).

Donovan juga pernah menjabat konsul jenderal AS di Hong Kong (2008-2009), wakil duta besar AS di Tokyo (2005-2008), dan direktur Tiongkok dan Mongolia di Kemlu AS (2003-2005).

Di awal-awal kariernya di Kemlu AS, Donovan pernah menjadi diplomat di Taiwan, Tiongkok, Korea Selaran dan Qatar.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016