Saya mengajak masyarakat melakukan penghijauan di lahan pekarang. Tanam pohon yang menghasilkan seperti jeruk dan mangga,"
Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita mengimbau warga untuk menghijaukan lahan pekarangan dengan menanaman pohon yang bisa menghasilkan.

"Saya mengajak masyarakat melakukan penghijauan di lahan pekarang. Tanam pohon yang menghasilkan seperti jeruk dan mangga," katanya di Pandeglang, Selasa.

Selain bisa memberikan hasil, penanaman pohon di pekarangan juga untuk memberikan suasana nyaman, rapi dan bersih serta tiap hari dapat menghirup udara segara.

Dengan memiliki tanaman di pekarangan, kata dia, juga bisa memanfaatkan sampah untuk pupuk kompos.

"Jenis sampai hancur bisa dijadikan pupuk, sedangkan yang tidak hancur, seperti plastik dapat dimanfaatkan kembali," ujarnya.

Bupati mengharapkan setiap rumah wajib minimal memiliki dua tanaman. Gunakan bekas sampah pelastik seperti ember cat untuk sarana menanam. "Ke depan saya akan mengunjungi rumah warga unutk melihat kondisi pekarangan dan kebersihan lingkungannya," katanya.

Irna juga mengajak masyarakat setempat menjaga kebersihan lingkungan, selain demi kesehatan dan keindahan juga antisipasi terjadi bencana.

"Menjaga kebersihan juga merupakan sebagaian dari iman, maka dalam Ramadan yang suci ini mari kita menggalakan kebersihan," katanya.

Ia juga menyatakan, segera membuat peraturan daerah (perda) terkait kebersihan, tujuannya agar kegiatan kebersihan menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan pegawai dan seluruh elemen masyarakat.

Pemkab Pandeglang, kata dia, telah menegapkan program "Selasa Bersih" (Salsih). Semua satuan kerja perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan/desa harus melaksanakannya.

"Seluruh aparatur diwajibkan melaksanakan Salsih mulai dari SKPD, kecamatan dan kelurahan/desa harus ikut dalam kegiatan ini," ujarnya.

Pewarta: Sambas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016