Kategori akan ditambah yakni soundtrack dan kami lagi mencoba membuat kategori Best ASEAN Movie
Jakarta (ANTARA News) - Aktor sekaligus Ketua Festival Film Indonesia (FFI) 2016, Lukman Sardi berencana menambahkan dua kategori tambahan dalam ajang penghargaan untuk perfilman Indonesia itu.

"Kategori akan ditambah yakni soundtrack dan kami lagi mencoba membuat kategori Best ASEAN Movie. Ini hal baik memiliki networking untuk internasional," ujar Lukman di Jakarta, Kamis.

Kendati begitu, khusus untuk kategori Best ASEAN Movie, dia mengaku masih perlu membicarakannya lebih lanjut dengan berbagai pihak, termasuk mengundang pihak dari institusi film Australia untuk berbagi pengalaman.

"Kami lagi menghitung-hitung (waktu dan hal-hal lainnya). Mudah-mudahan bisa terlaksana. Kalau pun tidak tahun ini semoga di tahun depan bisa terlaksana," kata Lukman.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, presenter sekaligus Ketua Bidang Penjurian FFI 2016, Olga Lydia mengatakan, kategori Best ASEAN Movie bisa menjadi ajang bagi film-film Indonesia ditonton juri dari luar negeri.

"Ini kesempatan film-film Indonesia ditonton juri dari luar negeri. Bulan depan kami akan membicarakannya lebih lanjut," kata Olga.

Selain kategori-kategori yang telah ada, sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini ada lima jenis film yang dikompetisikan yakni Film Bioskop, Film Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Panjang dan Film Dokumenter Pendek.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016