Jakarta (ANTARA News) - PT Bank MNC Internasional Tbk akan melakukan penawaran umum terbatas V atau "right issue" sebanyak 5,239 miliar lembar saham dengan mekanisme hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Prospektus yang diterbitkan Manajemen Bank MNC Internasional Tbk kepada Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis, memaparkan bahwa setiap saham yang ditawarkan itu seharga Rp100 per saham sehingga sebanyak-banyaknya bernilai Rp523,956 miliar.

Dijelaskan, seluruh dana yang diperoleh dari PUT V itu akan digunakan seluruhnya untuk memperkuat struktur permodalan untuk meningkatkan aset produktif antara lain melalui pemberian kredit, penempatan dana dan pembelian surat berharga.

Dikemukakan bahwa setiap pemegang empat saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) perseroan pada 15 September 2016 berhak atas satu HMETD.

Bersamaan dengan penawaran umum itu, juga dipaparkan, perseroan menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,239 miliar waran seri III. Dimana untuk setiap satu saham hasil pelaksanaan HMETD itu melekat satu waran seri III yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang HMETD.

Akasi korporasi itu tidak terdapat pembeli siaga. Apabila saham-saham yang ditawarkan dalam PUT V itu tidak diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

Dikemukakan, rencana perseroan untuk melakukan penambahan modal dengan HMETD akan dilaksanakan setelah pernyataan pendaftaran dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam jadwal sementara tanggal efektif dari OJK itu pada 2 Septerber 2016.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016