Jika pemilik bank tidak mempunyai uang, diharapkan banknya segera dijual kepada investor yang kuat, baik dengan cara private placement, akuisisi maupun merger."
Jakarta (ANTARA News) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta memberikan solusi kepada bank-bank yang  berkategori sistemik dengan meminta pemilik bank segera menambah setoran modal untuk menguatkan modal banknya.

"Jika pemilik bank tidak mempunyai uang, diharapkan banknya segera dijual kepada investor yang kuat, baik dengan cara private placement, akuisisi maupun merger," kata Presiden Direktur Center for Banking Crisis (CBC) Ahmad Deni Daruri dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis.

Menurut Ahmad Deni, penguatan permodalan sangat diperlukan untuk bank agar jika terjadi krisis ekonomi tidak menimbulkan risiko sistemik kepada industri keuangan di Indonesia.

"OJK harus mempunyai langkah langkah yang jelas, tegas dan tranparan terhadap bank-bank tersebut jangan sekedar mengelompokkan saja tapi harus ada solusi bagaimana memperkuat permodalan bank tersebut," katanya.

Ahmad Deni menambahkan, mengingat kondisi global dimana pertumbuhan ekonomi terus dipangkas menurun, maka OJK harus bergerak cepat mengatasi bank-bank berkategori sistemik agar nantinya tidak menimbulkan risiko sistemik kepada industri keuangan.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016