Madrid (ANTARA News) - Julen Lopetegui ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Spanyol, kata Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Kamis.

Mantan penjaga gawang dan manajer klub Porto berusia 49 tahun itu menggantikan Vicente del Bosque, yang mengundurkan diri setelah Piala Eropa 2016.

RFEF mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Federasi Sepak Bola Spanyol menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas yang baru. Sang manajer akan diperkenalkan pada Kamis pukul 18:30 waktu setempat dii Las Rozas (Madrid)."

Del Bosque, yang menangani timnas setelah Piala Eropa 2008, memimpin negaranya meraih gelar pertama mereka di Piala Dunia pada 2010 dan melanjutkannya dengan merah gelar kejuaraan Eropa untuk kedua kalinya secara beruntun dua tahun kemudian.

Lopetegui, mantan kiper Spanyol, sudah dikenal di RFEF setelah menangani tim U19, U20, dan U21 negaranya.

Dia memimpin Spanyol meraih gelar pada Kejuaraan U19 Eropa pada 2012 di Estonia dan setahun kemudian membawa mereka meraih mahkota Kejuaraan U21 Eropa di Nyon, Swiss.

Lopetegui, dipecat oleh FC Porto pada Januari, sebelumnya dikait-kaitkan dengan klub kasta kedua Inggris Wolverhampton Wanderers, demikian Reuters.

(I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016