Jakarta (ANTARA News) - John Cho, pemeran Sulu dalam film Star Trek mengklaim adegan "ciuman selamat datang" antara dua karakter pria dihapus dari sekuel film fiksi sains, Star Trek Beyond.

Dalam film petualangan berbiaya besar tersebut, Sulu terungkap memiliki seorang anak perempuan dengan pasangan pria-nya, namun Cho mengatakan adegan asli antara Sulu dan pasangannya lebih penuh kasih sayang.

"Ada adegan ciuman yang saya rasa sudah dihapus," kata Cho dalam sebuah wawancara dengan Vulture. "Itu bukan sesi bercumbu. Tapi ceritanya kami sedang berada di bandara dengan anak perempuan kami. Itu sebuah ciuman selamat datang. Sebenarnya saya bangga akan adegan itu, namun itu cukup berat sih."

Simon Pegg, salah satu penulis naskah, berkeras jika representasi pasangan sesama jenis ditangani cukup baik dan mungkin saja bisa diulas lebih dalam di film ini di masa yang akan datang.

Keputusan membahas seksualitas Sulu di film telah mendapat berbagai macam respon. George Takei, yang memerankan karakter Sulu dalam serial Star Trek di televisi besutan Gene Roddenberry, merasa "senang" sekaligus kecewa dengan keputusan hadirnya karakter LGBT dalam film.

"Meski saya paham kita berada di lini masa yang berbeda dengan film Star Trek yang baru, bagi saya rasanya tidak begitu perlu untuk bermain-main dengan karakter yang ada untuk memenuhi harapan Gene akan dunia Trek yang beragam," kata George dalam sebuah unggahan di Facebook.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016