Sleman (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau kepada masyarakat agar tidak keliru dalam menyikapi Pancasila, yang menurut dia bukan berhenti hanya sekadar dihapalkan tetapi untuk diamalkan dalam perilaku hidup keseharian.

Hal itu disampaikan Zulkifli saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar di hadapan peserta Jambore Nasional Kader dan Pendekar Tapak Sakti Putra Muhammadiyah di Bumi Perkemahan Wonogondang, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat.

"Pancasila itu jangan cuma dihapalkan tapi diamalkan dalam sikap dan perbuatan kita sehari-hari," kata Zulkifli di hadapan para peserta jambore.

Menurut Zulkifli, Pancasila bukanlah sesuatu yang rumit untuk diamalkan dalam keseharian sebagai falsafah hidup masyarakat Indonesia.

Pancasila, lanjutnya, mengajarkan agar manusia Indonesia dalam kesehariannya berperilaku dengan sinaran cahaya keilahian.

"Sederhananya kalau Pendekar Tapak Suci shalat tak tinggal itu sudah Pancasilais, semua penganut agama apapun yang tak meninggalkan perintah agamanya itu sudah Pancasilais," kata Zulkifli.

Selain itu mengamalkan Pancasila berarti memanusiakan manusia secara beradab dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian tidak ada pihak maupun kelompok yang memaksakan pendapat terhadap pihak lain.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016