Jakarta (ANTARA News) - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, Amerika Serikat (AS) berupaya untuk meningkatkan promosi Indonesia dengan menyelenggarakan Remarkable Indonesia Fair (RIF) 2016.

"Kekuatan kegiatan tersebut tak hanya memperkenalkan produk barang dan jasa dari Indonesia, tetapi juga menyuguhkan Indonesia dari sisi keragaman budaya, sejarah, hingga ekonomi kepada masyarakat AS, khususnya di wilayah Midwest," kata Kepala ITPC Chicago Wijayanto, dalam siaran pers yang diterima, Jumat.

Wijayanto meyakini, dalam pameran yang akan digelar pertama kalinya pada Sabtu (23/7), di Hotel Hilton, Chicago, AS tersebut akan memberikan arti penting bagi upaya pemerintah meningkatkan branding tentang Indonesia di negeri Paman Sam.

Meski baru pertama digelar, Wijayanto bertekad akan menjadikan pameran ini sebagai agenda tahunan di Chicago.

Para pelaku bisnis dan pemerintahan difasilitasi dengan penyediaan booth pameran. Produk-produk yang dipamerkan semua terkait Indonesia, misalnya dibuat, menggunakan material, dan juga terkait penggunaan jasa dari Indonesia. Pemerintah Indonesia telah memasang pengumuman di beberapa tempat umum, seperti transportasi publik yang terdiri dari kereta dan bus umum.

"Kami juga gencar melakukan promosi di media sosial. Jika ingin melihat informasi lebih lanjut, dapat dilihat facebook dan instagram @remarkableindonesiafair atau website www.remarkableindonesiafair.com," tambah Wijayanto.

Tercatat, kurang lebih 33 pelaku usaha dan instansi pemerintah ikut berpartisipasi. Para pelaku bisnis yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

"Kegiatan ini juga didukung Indonesian Investment Promotion Center (IIPC) New York dan Museum Batik," tambah Wijayanto.

Sementara itu, Plt. Konsul Jenderal Chicago Eni Hartarti menuturkan acara ini akan dikemas sangat Indonesia dan sarat dengan kegiatan edukasi dan hiburan. Ada pertunjukan tari, musik tradisional dan modern, seminar dan talkshow mengenai batik dan wisata ke Indonesia, workshop batik, demo masak makanan Indonesia, hingga pagelaran busana.

"Pada kesempatan ini kami juga akan menganugerahkan penghargaan untuk duta terbaik bangsa dan juga mitra dagang Indonesia," ungkap Eni.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016