Dengan adanya gerai ini akan mempermudah dan memotong waktu. Kemudian ongkos pengurusan perizinan kapal ikan. Semoga ini ke depannya bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Pemangkat dan sekitarnya."
Pontianak (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka memberikan kemudahan perizinan kapal, membuka gerai di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat, Sambas.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan selalu berupaya memberikan bantuan dan kemudahan dalam rangka peningkatan kesejahteraan nelayan di Indonesia, di antaranya terkait dengan kemudahan perizinan kapal," kata Dirjen KKP Safiuddin saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Dalam gerai tersebut jelas Safiuddin melayanai mulai perpanjangan perizinan kapal 30-60 GT. Bahkan katanya sudah ada rencana untuk kapal di bawah 10 GT dapat menangkap ikan tanpa izin penangkapan.

"Ada rencana ke depannya, kapal di bawah 10 GT cukup menggunakan dokumen pas kecil saja untuk melakukan penangkapan ikan. Termasuk dengan adanya kemudahan kapal Andon melalui kerjasama antardaerah sehingga tidak perlu izin andon," katanya.

Sementara itu Kadis KP Provinsi Kalimantan Barat Gatot mengatakan apa yang dilakukan KKP menunjukkan kementerian yang di bawah pimpinan Susi Pudjiastuti ini merespon keluhan masyarakat nelayan dalam berusaha di laut.

Menurut dia, sesuai rencana zonasi Kalbar PPN Pemangkat akan dijadikan sebagai zona industri perikanan. Ke depan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Sambas.

"Gerai perizinan kapal ke depannya, agar kegiatan dapat di lakukan kembali di wilayah Kalbar," ujarnya.

Gatot berterima kasih kepada Tim gerai perizinan KKP, KSOP, DKP Provinsi Kalbar, DKP Sambas, pelaku usaha dan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan gerai perizinan di PPN Pemangkat ini.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhuli Lc mengapriasi hadirnya gerai. Menurutnya dengan adanya gerai ini mempercepat waktu untuk pengurusan perizinan kapal nelayan ikan.

"Dengan adanya gerai ini akan mempermudah dan memotong waktu. Kemudian ongkos pengurusan perizinan kapal ikan. Semoga ini ke depannya bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Pemangkat dan sekitarnya," katanya.

Ke depannya Atbah mengharapkan KKP lebih banyak lagi memberikan bantuan ataupun kemudahan kepada para nelayan di Kabupaten Sambas.

Pewarta: Dedi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016