Malang (ANTARA News) - Arema Cronus Indonesia Malang kembali memuncaki klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) setelah menundukkan tamunya Perseru Serui dengan skor 3-0 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat malam.

Tiga gol Arema yang bersarang ke gawang Perseru Serui yang dikawal Sukasto Effendi itu masing-masing diciptakan oleh Goran Gancev pada menit ke-21, Cristian Gonzales pada menit ke-28 dan Johan Alfarizie menit ke-74.

Sejak menit-menit awal babak pertama Arema sudah menunjukkan tajinya dengan terus menyerang lini pertahanan Perseru Serui, namun sayang tekanan demi tekanan yang diperagakan anak asuh Milomir Seslija itu belum mampu membuahkan gol. Pada menit ke-6, Arema memiliki peluang terbuka untuk membobol gawang Sukasto Effendi. Peluang lahir dari kreasi Antoni Putro Nugroho di sisi kiri yang memberikan umpan terarah kepada Raphael Maitimo, namun masih diblok bek Perseru. Bola kemudian menggelinding ke arah Juan Revi, namun sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Perseru Serui.

Empat menit berselang, Arema mendapat peluang lewat kaki Cristian Gonzales. Namun sayang, sepakan keras kaki kirinya hanya melebar di sisi gawang lawan. Gol bagi tuan rumah baru tercipta di menit ke-21. Gol berawal dari umpan tendangan bebas Raphael Maitimo, berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Goran Gancev lewat sundulan kepala yang gagal diantisipasi Sukasto Effendi. Skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal 1 gol, tim tamu sedikit bangkit. Kapten Perseru, Arthur Bonai, sempat mengancam gawang Kurnia Meiga pada menit ke- 25. Arthur berhasil menerobos pertahanan Arema di dalam kotak penalti, untung sepakannya hanya berbuah gol kick bagi tuan rumah.

Meski sudah unggul 1-0, tim Singo Edan tak mengendurkan serangan. Arema menambah pundi-pundi golnya di menit 28 lewat titik putih usai Blibig Dian Mahrus melakukan pelanggaran handsball. Gonzales yang menjadi eksekutor dengan mulus menceploskan bola ke gawang Sukasto Efendi, skor berubah 2-0.

Skor itu bertahan hingga wasit, Adi Riyanto meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki 45 menit babak kedua, Arema tak menyurutkan serangannya. Meski tertinggal 2-0, tim tamu pun tak mudah menyerah, bahkan mulai menguasai bola. Namun, hal itu tak berlangsung lama karena Arema kembali mendominasi permainan. Hanya saja, Arema lebih hati-hati karena beberapakali penyerang Perseru mampu menembus pertahanan mereka.

Namun sayang, serangan balik Perseru Serui yang tidak jarang merepotkan lini pertahanan Arema itu, tak satupun yang berbuah gol. Sementara tuan rumah Arema justru menambah keunggulannya melalui sundulan kepala Alfarizie pada menit ke-74. Dan, skor berubah menjadi 3-0 hingga babak kedua berakhir.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016