Sejumlah saksi telah melaporkan tiga orang yang berbeda memegang senjata."
Munich (ANTARA News) - Polisi Jerman mengumumkan terus memburu pelaku yang melarikan diri dan dalang penembakan pengunjung kawasan mal Olympia di pusat Kota Munich, yang mengakibatkan sejumlah orang tewas, pada Jumat (22/7) waktu setempat (Sabtu WIB).

"Kami berusaha untuk mendapatkan situasi di bawah pengawasan ketat. Kami belum tahu di mana pelakunya," Thomas Baumann, wakil juru bicara departemen kepolisian Munich kepada DPA.

Penembakan itu, menurut dia, dimulai pada 17:52 waktu setempat (Sabtu dinihari WIB) di salah satu restoran cepat saji di pusat perbelanjaan.

"Kami menerima laporan sejumlah orang tewas," katanya. Namun, jumlah pasti korban masih belum jelas, dan motif penembak juga belum terlacak.

Pihak keamanan Jerman sedang mencari tiga tersangka dengan senjata laras panjang.

"Sejumlah saksi telah melaporkan tiga orang yang berbeda memegang senjata," demikian laporan kantor berita Jerman (DPA) mengutip status Facebook pengunjung mal Olympia.

Pemerintah menetapkan Munich dalam keadaan darurat keamanan, dan meminta warga untuk tidak meninggalkan rumah mereka.

Melalui Twitter polisi meminta warga untuk tinggal di dalam rumah dan menghindari tempat-tempat umum.

Stasiun kereta api pusat ditutup, dan warga kota dievakuasi. Sarana transportasi umum dihentikan sementara.

"Layanan kereta telah sepenuhnya ditutup," kata operator kereta api Jerman Deutsche Bahn.

Kereta dari segala arah di sekitar ibukota Bavaria itu dihentikan sebelum bisa masuk Kota Munich.

Selain itu, angkutan kota setempat melalui bawah tanah, trem dan bus juga dihentikan setelah polisi memerintahkan transportasi umum harus dihentikan, kata juru bicara operator angkutan umum Kota Munich (MVG).

Polisi mengepung daerah dekat Olympic Park Munich, dan petugas terpadu tampak bergegas ke tempat kejadian dari seluruh kota. Polisi dan kendaraan darurat dapat dilihat di luar pusat perbelanjaan. Helikopter juga terbang berputar di atas Kota Munich.

Rumah sakit di Munich dilaporkan mengerahkan staf tambahan untuk bersiaga, kata juru bicara Rumah Sakit Universitas Grosshadern, Philipp Kressirer

Ia tidak bisa menjelaskan jika ada yang terluka telah dibawa ke rumah sakit mana, dan belum ada keterangan resmi berapa banyak kemungkinan jatuhnya korban penembakan.

Sementara itu, polisi bersenjata berat juga bergegas ke pusat kota, di mana kepanikan warga pecah dan orang lari dari kawasan pejalan kaki ke Karlsplatz, juga dikenal sebagai Stachus.

Polisi sempat mengumumkan, telah terjadi alarm palsu, tapi pemerintah masih tidak yakin apa situasi di pusat kota.

Menteri Dalam Negeri Bavaria, Joachim Herrmann, dilaporkan menuju ibukota negara Jerman selatan itu.

Pusat perbelanjaan Olympia dibuka pada tahun 1972 ketika Munich menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas. Hal ini terletak di tengah-tengah daerah pemukiman, dua bawah tanah berhenti dari stadion Olimpiade.

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016