London (ANTARA News) - Inggris siap membantu warga Jerman setelah adanya serangan oleh orang bersenjata di sebuah pusat perbelanjaan yang sibuk di Munich, kata Menteri Luar Negeri Boris Johnson, Jumat.

"Saya terkejut oleh serangan mengerikan yang berlangsung malam ini di Munich, dan hilangnya nyawa. Saya sampaikan bela sungkawa terhadap pihak yang terluka dan keluarga mereka yang tewas," kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

"Kami siap membantu teman-teman kami di Jerman. Imbauan perjalanan kami untuk warga negara Inggris di kawasan itu malam ini adalah untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengikuti saran dari pemerintah setempat," katanya seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Presiden Jerman Joachim Gauck dan Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier telah menyampaikan kekhawatiran mereka setelah penembakan di Munchen --yang menewaskan sedikitnya sembilan orang-- pada Jumat malam.

"Serangan di Munich tersebut sangat mengejutkan saya," kata Gauck sebagaimana dikutip di dalam siaran pers Kantor Presiden.

Sementara itu, Steinmeier juga mengatakan di Twitter-nya bahwa ia sangat terkejut oleh serangan tersebut.

"Saya memikirkan orang di Munich. Bagus untuk mengetahui bahwa teman kami di Eropa dan dunia mendukung kami," katanya di Twitter-nya.

(G003/T008)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016