Jakarta (ANTARA News) - Emirates meluncurkan amenity kits interaktif pertama di dunia untuk kelas ekonomi yang memberikan kenyamanan dalam bepergian dengan kelengkapan teknologi augmented reality.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, augmented reality (AR) memiliki berbagai konten dan dapat diakses melalui perangkat genggam, seperti kemudahan melihat video virtual.

Emirates, dalam laman resminya juga menyebutkan bekerjasama dengan Blippar, pemimpin perusahaan teknologi AR dan pijakan visual serta AR untuk mengembangkan teknologi AR dalam amenity kits Emirates.

Melalui aplikasi Blippar, penumpang Emirates dapat mengakses berbagai konten hiburan dengan memindai amenity kits yang disediakan untuk seluruh penumpang kelas ekonomi.

Aplikasi Blippar kompatibel dan dapat digunakan pada seluruh perangkat Android ataupun iOS.

Dengan memindai amenity kits Emirates, penumpang dapat mengakses berbagai konten hiburan yang telah disediakan, mulai dari kumpulan musik, Emirates doodle, tips bepergian dan kesehatan dan akses ke aplikasi Emirates.

Selain itu, berbagai konten AR baru yang akan terus diperbarui setiap enam bulan yang tetap dapat diakses dengan memindai amenity kits Emirates dari rumah.

Tas amenity kits tersebut hadir dalam enam desain yang terinspirasi dari enam daerah di jaringan global Emirates, yaitu Australia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan negara-negara Timur Jauh dan Asia Timur.

Masing-masing dari enam desain menggunakan warna dan pola yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut. Khusus untuk Timur Tengah, desain amenity kits menampilkan kaligrafi Arab oleh seniman Uni Emirat Arab, Tagelsir Hassan.

Secara lebih luas, aplikasi Blippar adalah peramban visual yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia di sekitar. Untuk menggunakannya, cukup mengarahkan aplikasi Blippar kepada ribuan objek yang telah terdaftar di aplikasi tersebut (dari laptop, baju dan makanan hingga binatang peliharaan) untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai benda objek tersebut.

Blippar akan menjelaskan objek, mulai dari konteks hingga berbagai fakta menarik dan berguna mengenai objek tersebut.

Seluruh informasi aplikasi Blippar bersumber dari grafik pengetahuan Blipparsphere. Aplikasi Blippar maupun Blipparsphere, keduanya memiliki teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Tas amenity kits baru ini merupakan upaya Emirates untuk terus mengembangkan produk yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi seluruh penumpang Kelas Ekonomi.

Aplikasi Blippar juga melengkapi sistem hiburan pemenang penghargaan Emirates, yaitu ice Digital Widescreen, yang baru saja memenangkan penghargaan ke-12 tahun berturut-turut sebagai "Maskapai dengan Hiburan Terbaik di Dunia" pada Penghargaan Maskapai 2016 oleh Skytrax.

Penumpang dari seluruh kelas dapat menikmati lebih dari 2,500 saluran hiburan dan Wi-Fi gratis pada pesawat A380 dan hampir semua pesawat B777. Amenity kits tersebut tersedia pada beberapa layanan rute penerbangan jarak jauh dan seluruh rute penerbangan sangat jauh, dimulai pada bulan Agustus.

Pewarta: Afut Syahfil
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016