Saya sudah berupaya keras untuk tidak membuat kesalahan."
Jakarta (ANTARA News) - Tim Pertamina Campos Racing mendapat tambahan satu poin pada feature race GP2 di Sirkuit Hongaroring, Budapest, Hongaria, Sabtu (23/7), setelah salah seorang pebalapnya, yaitu Mitch Evans mampu finis di urutan 10 setelah start diposisi 14.

Berdasarkan data dari tim manajemen yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia yang diterima di Jakarta, Minggu pagi, pebalap asal Selandia Baru ini sukses mengumpulkan total 71 poin, dan saat ini bertengger di posisi enam klasemen umum sementara GP2.

Hasil yang diraih oleh Mitch Evans bertolak belakang dengan rekan satu timnya, yaitu Sean Gelael. Pebalap muda Indonesia itu tidak dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya karena mendapatkan kendala pada kendaraannya.

Pebalap berusia 19 tahun itu harus menerima kenyataan pahit menyelesaikan lomba di barisan belakang setelah kendaraannya sempat disenggol pebalap tim Arden International, Jimmy Eriksson pada lap ketiga.

Akibat senggolan itu, Sean harus berjuang mengendarai mobil secara perlahan dengan kondisi ban belakang kanannya pecah untuk masuk pit stop untuk mengganti ban.

Dengan kondisi tersebut, Sean kehilangan banyak waktu dan tertinggal satu putaran, ketika kembali ke lintasan balapan. Terlebih, untuk pertama kalinya, jalannya balapan pun berlangsung mulus, sehingga tidak ada momen masuknya mobil pengaman (safety car) yang bisa menghambat laju pebalap-pebalap.

Namun demikian, anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini tetap membalap dengan gigih dan berupaya keras untuk membuat catatan waktu terbaik. Torehan waktu terbaik Sean satu menit 29,959 detik, yang merupakan waktu tercepat ketiga setelah Oliver Rowland dan Nobuharu Matsushita.

"Saya sudah berupaya keras untuk tidak membuat kesalahan. Namun, sundulan mobil Eriksson membuat ban mobil saya pecah dan harus masuk pit. Mudah-mudahan pada balapan sprint saya mendapatkan balapan yang lebih ideal dan meraih hasil bagus," kata Sean Gelael.

Posisi pertama akhirnya diambil Pierre Gasly dari tim Prema Racing. Pebalap asal Prancis ini mendominasi balapan sejak awal dan cukup kuat mempertahankan posisi terdepannya dari start. Buat Gasly ini merupakan kemenangan keduanya musim ini. Tempat kedua direbut rekan setimnya, Antonio Giovinazzi.

Pebalap yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini menyodok ke posisi kedua setelah membuat start yang bagus dari urutan ketiga. Posisi podium ketiga diambil pebalap ART Grand Prix, Sergey Sirotkin. Dengan hasil balapan ini membuat Gasly dan Antonio memimpin di klasemen pebalap dengan nilai 108 dan 96.

Hasil menyakitkan akhirnya juga dialami Eriksson. Pebalap Swedia ini sebenarnya berpeluang mendapatkan poin dengan finis di tempat ke delapan. Namun, pada lap terakhir, Eriksson yang menggunakan strategi pit stop hanya tiga lap jelang balapan berakhir, tidak bisa memacu mobilnya lagi. Mobilnya seperti kehilangan tenaga dan terpaksa diarahkan keluar lintasan dan gagal melanjutkan balapan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016