Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Formula One asal Indonesia Rio Haryanto masih berupaya memperoleh sponsor baru yang bakal bisa membiayai kelangsungan karirnya di tim Manor Racing selepas seri GP Hungaria.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengaku pihaknya masih berupaya menghubungi beberapa perusahaan yang kemungkinan berminat untuk menjadi sponsor Rio, namun hingga saat ini masih belum ada respon serius.

"Kami masih terus menghubungi beberapa perusahaan yang mungkin berminat. Tetapi kami belum dapat balasan yang pasti. Jawabannya masih dibicarakan," kata Indah saat dihubungi ANTARA News dari Jakarta, Minggu.

Rio sejauh ini sudah menjalani 10 seri balapan F1 dan GP Hungaria di Hungaroring, Budapest, bisa saja menjadi balapan terakhirnya di F1 2016 jika ia tak mampu memenuhi kewajiban sebagai pay driver untuk mendatangkan jumlah uang yang cukup yakni sekira 15 juta euro.

Oleh karenanya, Indah mengkonfirmasi pihak manajemen Rio kini tak lagi membatasi pendekatan pada sponsor dari perusahaan Indonesia, tetapi juga sponsor dari luar negeri demi memastikan kelanjutan Rio di F1 2016.

"Beberapa ada perusahaan dari luar negeri juga," kata Indah.

Meski demikian sebagaimana disebutkan di awal hingga saat ini belum ada perusahaan yang memberikan respon serius berminat menjadi sponsor Rio.

Rio saat ini disponsori Pertamina yang sudah menggelontorkan dana sekira 5 juta euro, dan secara keseluruhan sudah membayar 8 juta dari 15 juta euro yang dibutuhkan.

Sementara upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga mendapatkan dukungan dana untuk Rio dari APBN gagal karena pengetatan anggaran dari pemerintahan Presiden Joko Widodo, serta upaya mereka menggaet beberapa perusahaan BUMN.

Meski demikian, pihak Manor hingga saat ini belum mengumumkan siapa yang bakal menjadi pebalap kedua jika Rio akhirnya harus berhenti balapan di tengah musim.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016