Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berjanji akan berjabat tangan dengan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, pada Senin (25/7) mendatang, meski kedua pelatih kerap berbeda pandangan dalam banyak hal.

Guardiola dan Mourinho bakal menyedot perhatian saat kedua tim Manchester itu berhadapan satu sama lain di ajang pramusim International Champions Cup di Beijing, Tiongkok.

Laga itu bakal menjadi pertemuan pertama kedua pelatih dalam empat tahun terakhir dan Guardiola bersikeras hubungannya dengan Mourinho tak menjadi soal.

"Tentu saja, kami pria-pria sopan. Kenapa tidak? Kenapa saya tidak mau berjabat tangan?" kata Guardiola saat ditanya apakah ia akan berjabat tangan dengan Mourinho.

Persaingan antara kedua pelatih menyeruak pada 2009 silam, saat itu Guardiola masih menangani Barcelona dan Mourinho memimpin Inter Milan. Keduanya sejak itu kerap bersitegang dalam beberapa kesempatan, terlebih sejak Mourinho menangani Real Madrid, dan pelatih asal Portugal itu kerap digambarkan sebagai "provokator".

Meski demikian tak banyak gengsi yang dipertaruhkan di Tiongkok, sebab itu hanya laga persahabatan pramusim yang menurut Guardiola akan dimainkan dengan semangat yang tepat baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Ia ingin menang, saya ingin menang. Namun ini hanya laga persahabatan, sepenuhnya laga persahabatan," kata Guardiola.

City dan MU mengakhiri musim lalu dengan perolehan poin yang sama, namun City mengantongi satu tiket terakhir ke Liga Champions berkat kesuburan gol mereka.

Kedua tim sama-sama menunjuk pelatih baru di musim panas dan Guardiola percaya penampilan MU bakal meningkat di bawah pelatih baru mereka -- meski ia tak mau menyebut nama Mourinho dalam keterangannya.

"Saya yakin mereka lebih kuat dari musim lalu. Dengan pelatih ini dan para pemain hebat yang sudah mereka miliki, MU akan menjadi tim yang kuat," katanya.

Catatan pertemuan kedua pelatih, Guardiola memiliki tujuh kemenangan dan Mourinho hanya tiga, namun dalam urusan gelar juara Mourinho unggul dibanding Guardiola 22-21, demikian Sky Sports.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016