Jakarta (ANTARA News) - Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan pihaknya sangat berharap Rio Haryanto tetap tetap melanjutkan karirnya di balap GP Formula1 hingga akhir musim 2016.

Rio Haryanto membutuh dana 15juta euro untuk membalap sepanjang musim 2016. Ia sudah memiliki 8juta euro dengan rincian 5juta euro dari Pertamina dan 3juta euro dari keluarga dan manajemen namun masih membutuhkan 7juta euro jika ingin membalap hingga akhir musim.

"Harapan kami, Rio bisa menyelesaikan sampai akhir musim," kata Wianda Pusponegoro kepada wartawan pada acara nonton bareng Rio Haryanto di Bright Cafe Pertamina, Jakarta, Minggu malam.

Wianda mengatakan pihaknya sudah memiliki kontrak dengan Manajemen Kiki Sport yang menaungi Rio Haryanto agar bisa menyelesaikan balap hingga akhir musim.

"Sebenarnya Pertamina punya kontrak dengan Kiki Manajemen jadi kami berharap Rio bisa menyelesaikan sampai akhir sesi, termasuk branding Pertamina akan terus dibawa oleh tim Rio di manapun membalap sampai akhir sesi," lanjut dia.

Terkait dengan pembayaran sponsor kepada Rio, Pertamina sudah melakukan pembayaran tahap pertama sebesar 2,25juta euro, tahap kedua 1,5juta euro, tahap ketiga 1 juta euro. Sehingga pembayaran terakhir yang akan dibayar Pertamina 250ribu euro.

"Kami sudah melaksanakan sampai pembayaran tahap ke-3. Tinggal menunggu yang terakhir, kami harap akan diselesaikan pada akhir musim balap tahun ini," kata dia,

Lebih lanjut, Pertamina pun menilai penampilan Rio di Formula1 sangat bagus sebagai pebalap pemula. Rio memiliki catatan waktu yang baik dan beberapa kali mengungguli rekan satu timnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, pada babak kualifikasi.

"Kami tidak melihat alasan yang besar dari Manor untuk tidak mempertahankan Rio," pungkas Wianda.

Rio baru saja menyelesaikan balap seri ke-11 GP Hongaria di sirkuit Hungaroring di posisi 21.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016