Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Belgia, Stoffel Vandoorne, dikabarkan menjadi salah satu kandidat pengganti Rio Haryanto di Manor Racing pada paruh kedua musim kompetisi balap Formula1 2016.

Sebagai pebalap pemula di F1 (rookie) Rio Haryanto memang mencatatkan kinerja bagus, namun Manor Racing belum menjamin akan tetap menggunakan jasa Rio sampai akhir musim karena belum melunasi sisa pembayaran "pay driver" sebesar 7juta euro dari total 15juta euro.

Pihak manajemen Rio pun terus mencari dana sponsor dari Indonesia hingga Asia agar pebalap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu tetap membalap hingga akhir tahun. Namun, jika tidak berhasil ada kemungkinan posisi Rio akan digantikan pebalap lain.

Dilansir dari Motorsport, Minggu, sumber McLaren mengatakan Vandoorne menjadi salah satu kandidat terkuat mengungguli pembalap cadangan Alexander Rossi dan Will Stevens guna menggantikan posisi Rio sebagai pebalap Manor Racing.

Selain itu Rio dikabarkan tetap berkesempatan ikut pada GP seri ke-12 di Hockenheim, Jerman, kemudian pihak Manor meminta manajemen Rio mencari solusi selama jeda libur musim panas.

Jika terjadi kesepakatan antara Manor dengan McLaren, maka ada kemungkinan Vandoorne berlaga di Formula1 untuk pertama kalinya di negaranya sendiri pada GP Belgia, akhir Agustus 2016.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016