Jakarta (ANTARA News) - Empat pemain dipastikan absen pada seleksi perdana Timnas Indonesia U-19 di Lapangan National Youth Training Center (NYTC) Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Senin karena berbagai alasan diantaranya masih menjalani pertandingan bersama klubnya.

Pemain yang absen pada seleksi perdana adalah Habibie dan Sandi Pratama dari PS Bangka, Riyanto dari Celebes FC dan Arie Sandy dari Barito Putera. Sesuai dengan rencana, pemain akan bergabung hari ini dan Kamis (28/7).

Pada seleksi perdana yang dipimpin langsung oleh sang pelatih Eduard Tjong ada 36 pemain yang hadir. Mereka langsung mendapatkan latihan fisik. Khusus latihan fisik ini melihatkan dari tim Universitas Negeri Jakarta.

Semua pemain yang dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan Piala AFF 2016 di Vietnam, 11-24 September itu langsung digembleng dengan lari dengan berbagai tingkatan. Pada latihan tersebut terlihat jelas ketahanan fisik masing-masing pemain.

Meski terlihat kelelahan, semua pemain terlihat cukup menikmati latihan fisik yang dipimpin tim dari UNJ termasuk pemain yang terbilang cukup senior yaitu Awan Setho dan Dimas Drajat. Kedua pemain ini merupakan skuad timnas Indonesia saat juara di Piala AFF 2013.

Setelah menjalani tes fisik, semua pemain yang menjalani seleksi tidak langsung istirahat, namun langsung menjalani games pertandingan. Untuk games dipimpin langsung oleh pelatih Eduard Tjong. Mantan pelatih PS TNI itu dengan serius memantau pergerakan pemainnya.

Sesuai dengan rencana 40 pemain yang dipanggil menjalani seleksi selama 10 hari. Selama latihan dijadwalkan menjalani pertandingan ujicoba melawan PPLM pada 5 Agustus dan pada 7 Agustus, namun untuk lawan belum ditetapkan.

Setelah menjalani seleksi di Bojongsari Depok, sesuai dengan rencana pemain terpilih akan menjalani pemusatan latihan nasional di Yogjakarta hingga keberangkatannya menunju Hanoi, Vietnam.

Persiapan Indonesia untuk menghadapi Piala AFF terbilang tidak panjang, namun harus dilakukan dengan baik. Timnas Garuda Muda pada kejuaraan dua tahunan ini tergabung di Grup B bersama dengan Thailand, Laos, Myanmar, Australia dan Kamboja.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016