Tarakan, Kalimantan Utara (ANTARA News) - Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII/Tarakan, di Kalimantan Utara, Laksamana Pertama TNI Yudi Hadi D, melarang personelnya memainkan Pokemon Go karena dinilai dapat menimbulkan efek negatif.

Alasan negatif yang dimaksud dalam larangan itu juga terkait aspek keamanan dan kerahasiaan di pangkalan utama TNI AL itu. 

"Prajurit TNI AL dilarang memainkan game Pokemon Go di lingkungan TNI AL oleh kepala staf TNI AL karena berdampak terhadap segala sesuatu hal yang sifatnya memiliki nilai-nilai kerahasiaan negara," kata Hadi melalui pernyataan tertulisnya, di Nunukan, Senin.

Ia menekankan, teknologi saat ini tidak semuanya berdampak positif bagi masyarakat terutama bagi prajurit TNI AL karena dapat dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk mengetahui hal-hal yang tertutup.

Oleh karena itu, Hadi meminta jajarannya jangan  sekali-kali memainkan Pokemon Go karena dikhawatirkan rahasia negara terbuka terutama titik koordinat tempat-tempat vital diketahui pihak lain.

Pangkalan Utama XIII/Tarakan juga menjadi pangkalan aju TNI secara keseluruhan jika ada ancaman nasional dari sisi utara Indonesia. 

Pewarta: M Rusman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016