New York (ANTARA News) - Pasar mata uang relatif stabil pada Senin (Selasa pagi WIB), dengan dolar dan euro sedikit melemah terhadap yen menjelang pertemuan bank sentral yang diawasi ketat minggu ini di Amerika Serikat dan Jepang.

Para pembuat kebijakan di Bank Sentral AS atau Federal Reserve AS akan memulai pertemuan mereka pada Selasa dan Rabu serta bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), pada Jumat.

Euro dan dolar telah melemah terhadap yen pada pukul 21.00 GMT, dengan euro jatuh menjadi 116,32 yen dari 116,55 yen dan dolar merosot ke 105,82 yen dari 106,19 yen pada Jumat lalu.

Euro naik sedikit terhadap dolar, dikutip 1,0993 dolar dibandingkan 1,0976 dolar pada Jumat lalu. Pound Inggris sedikit menguat menjadi 1,3139 dolar dari 1,3112 dolar.

"Pada Jumat, Jepang diharapkan memberikan dukungan moneter lebih lanjut untuk ekonomi terbesar ketiga dunia yang sedang kesulitan itu," kata Western Union Business Solutions dalam sebuah catatan tentang perkembangan valuta asing.

Yen telah tenggelam ke posisi terendah enam minggu ketika keputusan minggu ini semakin mendekat, katanya. "Jika Jepang gagal memenuhi harapan tinggi pasar untuk tindakan agresif, setiap langkah dalam yen bisa naik daripada turun," demikian dikutip dari AFP.

(Uu.A026) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016