Poso (ANTARA News) - Jajaran TNI melalui Koramil 1307-09 Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, yang dipimpin Kapten Inf A. Jayadi membagikan 100 buku tulis Merah Putih Setia Hingga Akhir, Senin.

Buku tersebut dibagikan kepada siswa-siswi SD Negeri 3, Kelurahan Kasinguncu, Kecamatan Poso Pesisir, yang saat ini menjadi salah satu wilayah Operasi Tinombala.

Sambil menyerahkan buku di halaman sekolah, Danramil Kapten Inf Jayadi dan sejumlah anggotanya juga memberikan pertanyaan kepada para siswa tentang masalah bela negara dan wawasan kebangsaan.

Para siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan cukup baik akan mendapatkan buku tersebut.

"Pembagian buku ini merupakan salah satu wujud pendidikan bela negara dan penanaman rasa cinta pada tanah air sejak dini guna menangkal paham-paham dan pengaruh-pengaruh budaya yang bertentangan dengan budaya Indonesia khususnya di wilayah Poso yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Danramil.

Dalam penjelasannya kepada para guru dan siswa-siswi SD Negeri 3, Kapten Inf A. Jayadi mengatakan saat ini di Kabupaten Poso sedang berlangsung operasi teritorial TNI Sintuwu Maroso yang salah satu kegiatannya adalah penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan.

Operasi teritorial tersebut, juga disertai pembuatan jamban dan perbaikan sarana ibadah, sarana olahraga serta sasaran nonfisik berupa penyuluhan tentang pertaniaan, pembinaan mental, kesehatan dan bela negara.

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI dalam membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan daerah Kabupaten Poso serta salah satu upaya untuk mengembalikan kewibawaan pemerintah di mata masyarakat," jelas Danramil.

Kepala SD Negeri 03 Kasiguncu Halima Adilang. S.Pd dan guru-guru SD Kasiguncu menyampaikan terima kasih kepada TNI dan pemerintah daerah, khususnya Danramil dan jajarannya yang memfasilitasi pembagian buku.

"Buku ini menjadi sangat penting dalam proses pembelanjaran dan menjadi awal yang baik dalam membentuk karakter anak-anak yang berjiwa Pancasila demi kemajuan bangsa dan negara," kata Halima.

Pewarta: Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016