Jakarta (ANTARA News) - Menurut pakar kesehatan dan kecantikan kulit, secara umum yang menyebabkan kondisi kulit buruk adalah radikal bebas yang menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi sel sehingga recovery kulit akan terhambat, akibatnya kulit tampak kusam.

Hal ini, menurut dr. Gloria Novelita Sp.KK, sering kali terjadi pada remaja. Pasalnya, remaja banyak melakukan aktivitas sehingga banyak menyebabkan stressors pada kulit, seperti polusi dan sinar UV.

"Sebetulnya kulit remaja tidak banyak mengalami masalah, karena secara alami setiap 20-28 hari pasti kulit recover sendiri, tapi dengan sekarang ini banyak stressors kulit jadi melambat recovery-nya," kata dia, dalam peluncuran Garnier PureActive Matcha Foam, di Jakarta, Selasa.

"Kulit bersinar merupakan tanda kulit yang sehat. Kulit bisa saja putih, tetapi tidak akan sehat kalau tidak glowing," lanjut dia.

Lebih lanjut, dokter Gloria mengungkap lima hal yang membuat kulit menjadi bersinar.

1. Permukaannya harus halus, jika tidak halus maka sinar tidak akan ter-refleksi dengan baik.

2. Warna kulit harus merata, tidak boleh ada spot di wajah 3. Kelembaban harus baik, tidak boleh kering atau pun berminyak 4. Memiliki struktur yang kuat, jika kulit wajah dipegang akan 'bouncing' 5. Bebas dari masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016