Bandarlampung (ANTARA News) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengajak generasi muda untuk melestarikan lingkungan salah satunya dengan menanam pohon.

"Selain menanamkan pohon yang paling penting adalah menanamkan semangat dan kesadaran untuk melestarikan lingkungan, terutama pada generasi muda," kata Gubernur Lampung Ridho Ficardo, pada kegiatan menanam pohon dalam rangka HUT ke-43 KNPI di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, Hanura, Pesawaran, Selasa sore.

Ia menyebutkan, dalam menjaga lingkungan, Provinsi Lampung mengalami tantangan yang lebih dibanding daerah lainnya, karena jumlah penduduk yang cukup banyak dengan latar belakang masyarakat yang beragam.

Apalagi, lanjutnya, arus pembangunan di Lampung cukup tinggi, sehingga harus berpacu pada kesadaran lingkungan.

Karena itu, ia mengimbau KNPI harus bisa merangkul lebih banyak lagi pemuda dan organisasi kepemudaan untuk ikut dalam kegiatan-kegiatan positif terutama dalam gerakan-gerakan kelestarian lingkungan.

Ridho juga menyatakan optimis terhadap perkembangan pemuda di Provinsi Lampung, dengan tumbuhnya pemimpin muda di Lampung, tumbuhnya komunitas, serta banyaknya kegiatan yang dipelopori pemuda adalah bentuk kemajuan pemuda di Lampung.

"Kini, Provinsi Lampung banyak dipimpin oleh pemuda, ini bentuk bahwa di tengah keterbatasan kita, pemuda-pemuda tumbuh. Lanjutkan dan perjuangkan. Hidup pemuda adalah perjuangan," ujar Ridho.

Ridho menekankan pentingnya kelestarian lingkungan bagi Lampung saat ini yang dipercaya pemerintah pusat menjadi salah satu ujung tombak pertanian nasional.

"Kita dipercaya oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu andalan pertanian nasional. Pemerintah pusat membuatkan tiga bendungan, jika bendungan dibangun namun airnya tidak ada akibat hutan gundul kita akan malu," ujarnya.

Ia menambahkan, kelestarian berkaitan pula dengan peningkatan ekonomi, jika hutan lebat dan air banyak, petani akan makmur ekonomi akan terangkat serta bencana akan berkurang.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016