Kupang (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 3,9 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur pada pukul 06.32 WITA waktu setempat.

"Gempa berkekuatan 3,9 SR itu terjadi di wilayah Kabupaten Sumba Timur di, pulau Sumba," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, Sumawan kepada Antara ketika dikonfirmasi soal gempa yang terjadi di Sumba Timur tersebut, Rabu pagi.

Dari data yang dilaporkan, gempa berkekuatan 3,9SR yang tak berpotensi tsunami itu berada di lokasi 10.01 Lintang Selatan (LS) dan 120.84 Bujur Timur (BT). 

Ia menyatakan dari radar yang dibaca di Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang terdata pusat gempa terjadi di 55 Kilometer Tenggara, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, terkait kedalamannya gempa berkekuatan 3,9SR itu berada di kedalaman 10 Kilometer di atas permukaan laut.

Ia mengakui, NTT hampir secara keseluruhan memang akhir-akhir ini sering diguncang oleh gempa. Namun tidak dalam skala yang besar.

Tetapi intensitas dan lokasi gempanya dalam sehari bisa terjadi sebanyak tiga kali. Sehingga masyarakat selalu diminta untuk mewaspadai akan hal tersebut.

Sumawan menjelaskan Gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTT  dikarenakan provinsi yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan tersebut masuk dalam sistem tektonik Indonesia.

"Jadi jangan salah kalau gempa di NTT sering terjadi, baik pulau Timor, Pulau Alor, Sumba, Flores dan pulau lainnya di NTT," tambahnya.

Masyarakat juga dimintai untuk selalu mewaspadai gempa-gempa kecil yang terus menerus terjadi di NTT yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan itu.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016