Para pemain sepak bola modern lebih memilih berperilaku sebagai pengembara. Mereka mengekor kepada bujuk rayu uang, bukan dorongan hati
Roma (ANTARA News) - Legenda sepak bola Italia Francesco Totti menyebut dengan nada mencibir bahwa kepindahan Gonzalo Higuain dari Napoli ke Juventus lebih bermotif uang ketimbang mengejar profesionalisme sebagai pemain sepak bola yang berkarakter.

Totti yang merupakan legenda AS Roma bahkan menyebut bahwa kepindahan Higuian dari Napoli ke Juventus yang menyedot dana sebanyak 75 juta pound merupakan "bencana", sebagaimana dikutip dari laman Metro.

Totti yang baru saja mendapat perpanjangan kontrak selama setahun bersama Roma, mengukir karier demikian gemilang di kancah sepak bola Italia dan Eropa. Pemain yang telah berusia 39 tahun itu membela Roma selama 25 musim kompetisi.

Ketika mengomentari kepindahan Higuain yang memecahkan rekor bayaran tertinggi sepanjang sejarah Serie A, Totti menyebut bahwa pemain sepak bola modern cenderung berperilaku sebagai "pengembara".

Totti bahkan menyebut bahwa para pemain muda sekarang lebih memilih uang ketimbang "passion" di arena sepak bola.

"Para pemain sepak bola modern lebih memilih berperilaku sebagai pengembara. Mereka mengekor kepada bujuk rayu uang, bukan dorongan hati. Tidak hanya atlet yang mengikut kata hatinya. Mereka memutuskan pindah untuk meraih trofi dan mendapat banyak uang," kata Totti kepada La Gazzetta dello Sport.

"Sepak bola memang telah banyak berubah, uang menjadi segalanya. Para pemain mengubah penampilan tim, untuk memperoleh banyak uang. Ini memang lebih menyentuh soal uang ketimbang passion," katanya menambahkan.

"Orang hadir dan datang ke stadion untuk menyaksikan laga dan melihat aksi para pemain pujaan mereka. Lihat saja apa yang terjadi dengan Higuain, yang meninggalkan Napoli kemudian bergabung dengan Juventus. Ini jelas bencana," kata Totti.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016