Sydney (ANTARA News) - Seorang perempuan Australia sangat terkejut ketika menemukan anjing laut besar berbulu sedang tertidur di toilet pemakaman.

Yang lebih mengejutkan lagi, satwa berbobot 120 kilogram itu ditemukan sekitar setengah kilometer dari perairan terdekat.

"Kami pikir hanya lelucon ketika kami menerima kabar itu," kata Karina Moore dari Dewan Devonport di Negara Bagian Tasmania kepada kantor berita AFP, Rabu.

"Ini merupakan misteri besar. Sangat tidak lazim menemukan anjing laut jauh di daratan."

"Ada sungai kecil sekitar setengah kilometer jauhnya, namun dia tetap harus menyeberangi jalanan ramai dan beberapa tanah lapang untuk masuk ke pemakaman."

Dewan memanggil petugas Taman dan Suaka Margasatwa yang membius anjing laut yang mereka namai Sammy itu sebelum membawanya ke pantai setempat dan melepaskan dia.

Pakar biologi Rachel Alderman mengatakan kepada stasiun radio ABC bahwa anjing laut Australia banyak ditemukan di daerah Tasmania.

"Spesies mereka benar-benar melimpah di seluruh Tasmania, khususnya di Selat Bass, dan kami mendapati mereka muncul di lapangan, halaman warga, dan sekarang kami bisa menambahkan satu blok toilet di pemakaman ke dalam daftar," katanya. (ab)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016