Jakarta (ANTARA News) - Airlangga Hartarto resmi memimpin Kementerian Perindustrian setelah dilantik Presiden Joko Widodo dan Serah Terima Jabatan dengan pendahulunya Saleh Husin.

"Kita melanjutkan apa yang sudah direncanakan Kementerian Perindustrian," kata Airlangga usai sertijab di Gedung Kemenperin Jakarta, Rabu.

Airlangga Hartarto lahir 1 Oktober 1962 di Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya, yang merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golongan Karya.

Baca Juga : Beragam fakta menarik dari perombakan kabinet

Ia mengenyam pendidikan sekolah menengah atas di SMA Kanisius, Jakarta pada 1981, kemudian melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta pada 1987.

Airlangga juga melanjutkan pendidikannya di luar negeri, yakni tercatat sebagai mahasiswa University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada 1993.

Selain itu, anak mantan Menteri Perindustrian Hartarto ini juga merupakan mahasiswa Monash University, Australia pada 1996 dengan gelar Master of Bussiness Administration (MBA).

Terakhir, anak kedua dari lima bersaudara ini menuntut ilmu di Melbourne Bussiness School University of Melbourne pada 1997.

Baca Juga :Menperin utamakan sinergi atasi tantangan

Ia juga memimpin beberapa perusahaan seperti Presiden Komisaris PT Fajar Surya Tbk, Presiden Direktur PT Jakarta Prime Crane (1991), Presiden Direktur PT Bisma Narendra dan Komisaris PT Sorini Corporation.

Suami dari Yanti K Isfandiary ini juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) dan Sekjen ASEAN Federation of Engeenering Organizations (AFEO).

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016