Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diharapkan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyukseskan program amnesti pajak, kata Presiden Direktur Center for Banking Crisis (CBC) Ahmad Deni Daruri.

"Menkeu perlu segera bertemu dan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperbaruhi kondisi stabilitas sektor keuangan Indonesia saat ini," kata Ahmad Deni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Ahmad Deni mengatakan, target utama pemerintah saat ini adalah menyukseskan dengan program amnesti pajak agar berhasil sesuai target yang  diharapkan, karena amnesti pajak adalah pertaruhan kedaulatan fiskal Indonesia di mata dunia.

Dia mengharapkan, Menkeu Sri Mulyani bekerjasama dengan OJK dalam menstabilkan sektor keuangan khususnya "mikro prudential".

Sebelumnya diberitakan, Ahmad Deni meminta OJK memberikan solusi kepada bank berkategori sistemik dengan meminta pemilik bank segera menambah setoran modal untuk menguatkan modal banknya.

Menurut dia, penguatan permodalan sangat diperlukan untuk bank agar jika terjadi krisis ekonomi tidak menimbulkan risiko sistemik kepada industri keuangan di Indonesia.

"OJK harus mempunyai langkah langkah yang jelas, tegas dan tranparans terhadap bank-bank tersebut jangan sekadar mengelompokkan saja tapi harus ada solusi bagaimana memperkuat permodalan bank tersebut," katanya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016