Jakarta (ANTARA News) - Teknologi dan internet merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan bagi setiap orang saat ini. Memanfaatkan teknologi dan internet dalam bekerja merupakan suatu hal yang sudah biasa dilakukan.

Bekerja dengan memanfaatkan fitur Google seperti fitur Dokumen, Spreadsheet dan Slide mungkin telah sering Anda lakukan, namun apakah Anda sudah mengetahui detil mengenai fitur-fitur Google yang Anda gunakan?

Berikut rangkuman dari Google Indonesia mengenai ketiga Google Apps atau fitur yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Mengetik dengan suara di Dokumen
Fitur ini memungkinkan untuk untuk mengetik, mengedit, dan memformat dokumen tanpa jemari Anda.

Saat ini Google Dokumen menggunakan teknologi pengenalan ujaran atau speech recognition di belakang Google Now yang dapat membantu Anda menciptakan ide, menulis sebuah surat dan lainnya tanpa menyentuh keyboard atau hanya dengan suara Anda sendiri.

2. Riset di Dokumen
Fitur ini membiarkan Anda melakukan penelusuran di Google tanpa meninggalkan Dokumen, dan ketika Anda menemukan apa yang Anda cari, Anda dapat langsung menyertakannya langsung ke dokumen Anda. Itu artinya semakin sedikit waktu Anda antara melakukan penelusuran dan menyelesaikan dokumen Anda.

3. Eksplorasi di Spreadsheet
Melalui fitur yang disediakan di Google Sheets ini, Anda dapat menganalisis data dengan segera tanpa harus menjadi seorang ilmuwan.

4. Mode offline
Jika Anda tidak terhubung dengan Wi-Fi ataupun jaringan mobile, Anda masih dapat melihat dan mengedit file Anda termasuk Google Docs, Google Sheets dan juga Google Slides. Fitur ini dapat memastikan agar dapat selalu produktif secara virtual di mana saja.

5. Template di Google Dokumen
Template terbaru untuk Google Dokumen yang didesain oleh para ahli di bidangnya dan diperuntukkan untuk Anda sehingga pekerjaan Anda mendapatkan “polesan dari ahli” yang selayaknya didapatkan.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016