Saya akan fokus pada upaya melakukan perubahan mindset Aparatur Sipil Negara.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo kemarin, Asman Abnur berjanji untuk fokus menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum sempat dituntaskan pendahulunya Yuddy Chrisnandi.

Salah satu fokus program yang masih belum tuntas adalah mengubah pola pikir aparatur sipil negara (ASN) ke arah yang lebih baik

"Saya akan fokus pada upaya melakukan perubahan mindset Aparatur Sipil Negara. Pandangan negatif publik terhadap ASN selama ini perlahan-lahan harus diubah, ASN harus bisa bekerja lebih profesional," ujar Asman pada hari pertama bekerja sebagai Menteri PANRB di Jakarta, Kamis.

Asman mengatakan pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo konsep revolusi mental menjadi sasaran mendasar untuk memperbaiki karakter bangsa dan pola pikir ASN sehingga kinerja dapat lebih produktif.

"Untuk itu ASN penting untuk memegang tiga nilai revolusi mental yakni integritas, kerja keras, dan gotong-royong," jelas dia.

Sebelumnya mantan Menpan-RB Yuddy Chrisnandi mengakui perubahan pola pikir ASN adalah salah satu pekerjaan rumah yang belum dapat dituntaskan pada masa kepemimpinannya. Yuddy menyampaikan perubahan pola pikir ASN ke arah yang lebih baik memerlukan waktu yang tidak singkat.

Asman mengaku juga akan fokus pada penerapan e-budgeting pada instansi-instansi pemerintah, baik kementerian/lembaga maupun Pemda, yang selama ini disebutnya belum memiliki standard, sehingga setiap daerah seolah berjalan sendiri-sendiri.

Mantan Wakil Walikota Batam masa jabatan 2001-2004 ini menekankan penerapan e-budgeting dapat menghindari kebocoran karena dapat diakses oleh masyarakat dan terkoneksi satu dengan yang lain.

Saat ini daerah yang sudah menerapkan e-budgeting adalah Kota Bandung dan Surabaya yang keduanya dapat menjadi contoh daerah lain dalam mengimplementasikan e-budgeting.

"Jika semua menerapkan e-budgeting dapat mempermudah auditor seperti BPK dalam menjalankan tugasnya, tidak perlu lagi mencari tumpukan tugas," kata dia.

Asman Abnur tampak masih menggunakan kendaraan pribadi. Dia baru tiba di kantor barunya pukul 08.30 WIB lantaran harus menyelesaikan urusan di kantor lama di DPR RI sebagai Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PAN.

Asman mengaku masih menyusun rencana dalam memimpin Kementerian PANRB dan menungkapkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah berpesan agar dirinya untuk bekerja dengan baik sesuai amanat Presiden Joko Widodo.



Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016