Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati optimistis bahwa hadirnya menteri-menteri baru akan membuat integrasi era Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla semakin baik.

"Insha Allah dengan hadirnya menteri-menteri baru integrasi dan konsolidasi kabinet semakin baik. Menteri sekarang saya melihat tidak ada yang menunjukkan sikap feeling the show, atau feeling the moment. Saya amati mereka pribadi yang fokus bekerja," ujar dia melalui sambungan telepon kepada ANTARA News, Kamis.

Kendati begitu, secara pribadi, Okky menyayangkan lengsernya Anies Baswedan dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di kabinet.

"Yang saya sayangkan adalah lengsernya Pak Anies Baswedan. Kalau melihat reaksi masyarakat atau netizen mereka juga menyayangkan lengsernya Pak Anies," ujar dia Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, Anies adalah sosok yang memperjuangkan guru, sarjana muda dan pendidikan vokasi, sesuai komitmen Presiden Jokowi.

Pendidikan vokasi yang dimaksud baik di sektor non formal maupun yang formal, dalam bentuk SMK yang dirancang lebih spesifik dan betul-betul memiliki kompetensi yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Beliau populer dengan citra positif, sebagai guru nusantara, memperjuangkan guru, sarjana muda. Khusus untuk pendidikan, beliau mengangkat pendidikan kejuruan, atau vokasi, yang lebih cepat dicapai ketimbang jenjang kesarjanaan," tutur Okky.

"Kejuruan itu terapan sehingga bisa memudahkan mencari pekerjaan," imbuh dia. Presiden Jokowi resmi mengganti Anies dengan Muhajir Effendy sebagai Mendikbud dan 12 menteri lainnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7).

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016